A. PENGERTIAN ARSITEKTUR
KOMPUTER
Arsitektur komputer
adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem
komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan
proses dan sistem interkoneksinya). Arsitektur Komputer mempelajari
atribut‑atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
contoh:
1. Set Instruksi
2. Aritmetilka yang digunakan
3. Teknik Pengalamatan
4. Mekanisme I/0
Dalam hal ini,
implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan
data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah.
1. Arsitektur von Neumann
2. CISC
3. RISC
4. blue gene, dll.
Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang
sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari
beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
1. CPU (Central processing Unit).
mengendalikan semua unit
sistem komputer yang lain
dan mengubah input menjadi output.*.Primary storage (penyimpanan primer),
berisi data yang sedang diolah dan program*.
2. Control unit (unit pengendalian).
membuat semua unit bekerja
sama sebagai suatu sistem*.
3. Aritmatika and logical Unit.
Aritmatika and logical Unit,
tempat berlangsungnya operasi perhitungan matematika dan logika
·
Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage
·
Secondary storage (penyimpanan sekunder),
menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan
·
Unit Output,mencatat hasil pengolahan
B. PERALATAN INPUT dan
OUTPUT
Perangkat input merupakan
peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam
komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi
dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh
penggunanya. Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah
perintah yang dapat dipahami oleh manusia kepada bentuk yang dipahami oleh
komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk
yang dipahami oleh manusia kepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu
dengan kode-kode binary (binary encoded information).
PERALATAN OUTPUT Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
·
hard-copy (ke kertas)
·
soft-copy (ke monitor)
·
berupa suara
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat
bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik
atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
·
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
·
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
·
Drive deviceataudriver, yaitu alat yang digunakan
untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media
seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat iniberfungsi ganda, sebagai alat
output dan juga sebagai alat input.
Daftar Pustaka :
http://ekofitriyanto.wordpress.com/2013/10/24/pengertian-dan-perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer/
http://muhamadsyani.wordpress.com/2012/12/28/arsitektur-komputer/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar