Rabu, 17 Oktober 2012

Bab 2 SUMBER DAYA ALAM ( pengolahan sumber daya alam yang baik)


A.PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam semesta yang dapat dipergunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bentuknya bisa berwujud barang, benda, fenomena, suasana, gas/udara, air dan lain sebainya. Alam semesta diciptakan Tuhan yang Maha Esa dengan segala macam isinya untuk kelangsungan dan kesejahteraan umat manusia. Alam semesta kaya akan sumber daya alam yang dapat dipergunakan oleh manusia untuk kesejahteraan hidupnya, baik itu yang sudah ditemukan maupun yang belum diketemukan. Namun demikian, tidak berarti manusia tinggal menikmatinya begitu saja, manusia harus berusaha dan berfikir untuk menemukan dan menggunakan sumber daya alam tersebut untuk kesejahteraan hidupnya. Oleh karena itu manusia dianugerahi oleh Tuhan yang Maha Kuasa akal dan pikiran yang dipergunakan untuk mengelola dan memanfaatkan alam semesta sebaikbaiknya untuk kepentingan seluruh umat manusia.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/d/d0/Cem.jpg
b.sifat dan macam-macam sumber daya alam
1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaruai
            Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya oleh manusia. Artinya walaupun sumber daya alam tersebut dipergunakan atau dimanfaatkan oleh manusia, tetapi manusia dapat mengusahakan kembali sumber daya tersebut, sehingga tidak khawatir habis, karena manusia bisa memperbarui sumber daya alam tersebut. Contoh jenis sumber daya ini adalah tumbuhan dan hewan seperti dalam gambar 9.2.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/4/4e/Kcw.jpg
Sumber daya alam yang dapat diperbarui dapat dikelompokkan menjadi sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non-hayati. Sumber daya alam hayati berasal dari makluk hidup, sedangkan sumber daya alam non-hayati bukan berasal dari makluk hidup.a. Sumber Daya Alam Hayatin Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang ada di permukaan bumi dan hidup, antara lain hewan dan tumbuhan. Ciri utama dari sumber daya alam hayati adalah tumbuh, bergerak, berkembang biak, bernafas, dan membutuhkan makanan.
Beberapa sumber daya alam yg dapat di perbaharui :
2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui
      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jika dipakai terus menerus akan habis dan tidak dapat diusahakan kembali keberadaannya oleh manusia. Manusia tidak bisa membuat atau memperbanyak keberadaan sumber daya alam jenis ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Manusia hanya bisa melakukan daur ulang terhadap sumber dayalam tersebut. Artinya manusia hanya bisa mengolah kembali bahan yang telah dipakai sehingga bisa dipergunakan atau dimanfaatkan kembali. Contoh besi, manusia tidak bisa membuat besi, tetapi mengolah kembali besai yang tidak terpakai menjadi benda yang diperlukan manusia.
Beberapa sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui :
·         Minyak bumi
·         Batu bara
·         Emas dan perak
·         Besi
C.RUANG LINGKUP SUMBER DAYA ALAM
      Sumberdaya alam mencakup semua pemberian alam di bawah atau diatas bumi baik yang hidup maupun yang tidak hidup. Pengertian sumberdaya alam meliputi semua sumberdaya dan sistem yang bermanfaat bagi manusia dalam hubungannya dengan teknolgi, ekonomi dan keadaan sosial tertentu. Definisi itu berkembang dan sekarang mencakup sistem ekologi dan lingkungan (environment). Secara garis besar sumberdaya alam dapat digolongkan menjadi: tanah pertanian, tanah hutan dan hasil-hasilnya; tanah yang khusus untuk keindahan dan rekreasi serta tujuan ilmiah; ikan-ikan tawar maupun ikan air laut, bahanbahan mineral minyak maupun nonminyak; sumber energi nonmineral yang dapat diperbaharui seperti matahari, gelombang aut, angin sistem geothermal, sumberdaya air dan sebagainya. Setelah lepas dari alam dan dikuasai oleh manusia, maka sumberdaya tersebut disebut sebagai barang-barang sumberdaya (resource commodity).
 Dari definisi di atas menjadi jelas bahwa yang kita ketahui tentang suberdaya alam tergantung pada keadaan alam, tingkat teknologi saat ini maupun yang akan datang serta kondisi ekonomi maupun selera.
D.PERMASALAHAN SUMBER DAYA ALAM
Bila sumberdaya alam disia-siakan dan hanya untuk memajukan kesejahteraan ekonomi, merangsang pertumbuhan ekonomi jangka pendek, dan lokal serta bila kita tidak berhati-hati dalam pengelolaannya, maka akhirnya manusia harus mengganti pelayanan gratis dan nilai-nilai yang hilang, dengan hilangnya lingkungan alam itu. Ekonomi dapat merusak sumberdaya bila biaya pemulihan melebihi keuntungan dari kebijakan pertumbuhan jangka pendek. Permasalahan-permasalahan yang ada sehubungan dengan sumberdaya alam, antara lain sebagai berikut.
1 Kerusakan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang terjadi, berkaitan erat dengan tingkat pertumbuhan penduduk dan pola penyebaran yang kurang seimbang dengan jumlah dan penyebaran sumberdaya alam serta daya dukung lingkungan hidup yang ada.
2 Kerusakan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang terjadi di daerah yang tanahnya kurang subur dan penduduknya masih mempunyai kebiasaan membuka hutan untuk perladangan baru, akan terjadi kerusakan lahan. Usaha perladangan berpindah tersebut di satu pihak memerlukan tenaga banyak, sementara hasilnya dalam bentuk bahan makanan sangat sedikit, di lain pihak usaha itu mengakibatkan kerusakan hutan dan lahan yang terus meluas.
E.KETERBATASAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam yang keadaannya terbatas baik Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources). Sumber daya alam yang dapat diperbaharui setiap saat diusahakan manusia untuk selalu dapat mendukung kehidupan, walaupun menurun masih tetap dapat terusmenghasilkan, tetapi pada suatu saat akan mencapai titik maksimum sehingga keadaannya tidak dapat diperbaiki lagi. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui umumnya terdapat di dalam bumi yang terbentuk selama beberapa juta tahun yang lalu, dan sekarang ini digunakan untuk kepentingan dan kesejahteraan hidup manusia, walaupun penggunaannya hanya sekali saja, apabila persediaannya di suatu tempat habis maka akan habis selamanya, sehingga harus mencari atau membelinya ke tempat lain yang masih memiliki persediaan.
    Dengan demikian, persediaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui keadaannya serba terbatas dan tersebar tidak merata di berbagai tempat atau wilayah, sehingga terdapat wilayah yang memiliki sumber daya alam tertentu tetapi tidak memiliki sumber daya yang lain, atau suatu wilayah memiliki banyak sumber daya alam tetapi masing-masing jumlahnya terbatas.



Menurut saya :
                Jika kita masih ingin menikmati sumber daya alam di bumi tercinta kita ini, maka jagalah, rawat, serta peliharalah nikmat yang sudah Allah SWT. Berikan kepada kita, agar sumber daya ala mini tidak habis, bahkan tidak hilang karena ulah manusia yg serakah.
Ada baiknya apa bila pemerintah lebih memperhatikan msalah ini  ketimbang POLITIK, dan urusan mereka sendiri.
Lindungi hutan dari penebang liar, lindungi laut kita dari pencemaran limbah agar air laut dan isinya masih tetap terjaga keindahannya, lindungi udara dari pencemaran, juga lindungi air dari pencemaran limbah air. Jaga elemen elemen ini agar kelak kita dapat tersenyum bangga dengan apa yang sudah kita lakukan.

Terima kasih :)

sumber :
http://www.youtube.com/watch?v=ZMYGBwztPrw
http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_9_SUMBERDAYA_ALAM
http://www.google.com/sumberdayaalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar