Rabu, 16 November 2011

PERMINTAAN DAN PENAWARAN BARANG ELEKTRONIKA

    PENDAHULUAN 

         Teori penawaran dan permintaan (bahasa Inggris: supply and demand) dalam ilmu ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta interaksi imereka di pasar.
         Salah satu contohnya iyalah permintaan dan penawaran barang elektronika yang mengalami kelangkaan.
beberapa barang/komponen yang sedang mengalami kelangkaan saat ini yaitu:
  1. Resistor
  2. kapasitor
  3. Dioda
  4. komponen instalasi 
dan ada beberapa kabel yang sedang mengalami kelangkaan seperti merek:
  1. NYA 
  2. NYM
PENGERTIAN PERMINTAAN   

   Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
KURVA:
“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan anta ra harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.

PENGERTIAN PENAWARAN 

   Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
KURVA:
“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan dianta ra harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”. – Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas. – Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas – Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.

KURVA PENAWARAN



KURVA PERMINTAAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar